Rabu, 09 Mei 2012

Definisi Mesin Kasir


Jika Anda berbelanja di mall atupun sejenisnya Anda pasti akan menggunakan jasa mesin kasir sebagai penghitung nominal Anda. Tapi apakah Anda tahu arti istilah dari mesin kasir itu sendiri? Simak info berikut





Mesin Kasir (Cash Register) Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang. Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan Pada umumnya laci/ drawer mesin kasir atau cash register akan terbuka secara otomatis setelah ada penjualan atau transaksi kalaupun tidak yang bisa membuka hanya pengawas atau pemilik. Ini bertujuan untuk mengurangi resiko dari kehilangan dan pencurian. Hampir semua mesin kasir memiliki tombol NS (No Sale) yang bertujuan untuk membuka laci tanpa adanya transaksi dan tombol inipun bila digunakan akan terekam dalam laporan akhir oleh pengawas atau pemilik.

 Ada beberapa mesin kasir yang saat ini dilengkapi sandi/ password untuk melakukan transaksi seperti NS tadi. Beberapa fungsi lainnya dari mesin kasir/ cash register juga digunakan untuk mencatatkan komponen pajak dalam penjualan.Saat ini beberapa mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register) bisa disambungkan dengan perangkat bantu lainnya seperti timbangan digital, barcode scanner, juga pembaca kartu kredit atau kartu debit.dan perkembangannya saat ini menagarah pada penggunaan mesin kasir yang berbasiskan komputer (PC Based Cash Register / Point of Sale POS) Mesin kasir yang berbasiskan komputer biasanya juga dilengkapi dengan software/ piranti lunak baik yang berbasiskan sistem operasi DOS,Windows, Linux maupun Unix dimana data tersimpan dalam database baik di mesin kasir tersebut maupun di server induknya. dan umumnya banyak Mesin kasir yang berbasiskan komputer ini memiliki konfigurasi jaringan lokal (LAN) Keunggulan Mesin kasir dibandingkan dengan sekedar software penjualan biasa adalah di sistem keamanannya karena selain dari sistem perangkatnya pun dilengkapi dengan kunci pengaman. Beberapa merek mesin kasir meliputi CASIO, NCR, IBM, Wincor-Nixdorf, Sharp, Uniwell Toshiba TEC.
Usaha di sektor Ritel banyak bidangnya mulai bidang eceran seperti mini market, toko kelontong, fashion store, toko toko jenis lainnya. Pemakai Mesin Kasir atau Cash register tidak terbatas di sektor itu saja, bisnis pelayanan seperti Cafe , Restaurant, Hotel, Salon, Bengkel, dan jasa jasa lainya juga memerlukan Mesin kasir baik yang berbasiskan Electronic Cash Register maupun Point of Sale (POS System).
Ada beberapa perbedaan secara sistem dan spesifikasi Mesin Kasir di dua sektor ini, untuk di sektor ritel biasanya dibutuhkan mesin kasir yang mengutamakan pada kecepatan pelayanan, oleh karenanya biasanya untuk sektor ritel saat ini pada umumnya dilengkapi dengan barcode scanner. Karena penginputan kode secara manual dengan menggunakan keyboard akan memakan waktu yang lama sekali. Seperti kita ketahui juga sebagian besar barang pabrikan umumnya sudah memiliki barcode di kemasannya.Oleh karenanya apabila Anda membutuhkan konfigurasi yang mengacu pada kapasitas item yang besar
sebaiknya pilihan Anda adalah POS (Point of Sale) atau PC Base bukan cash register elektronik.
Mesin Kasir Elektronik ada beberapa jenis bila dilihat dari sisi pencetaknya (printernya) ada tipe drum printer biasanya tipe ini hanya mengeluarkan hasil cetak berupa kode angka saja, yang kedua dot matriks untuk tipe ini hasil cetaknya bisa mengeluarkan huruf selain angka. Untuk yang ketiga thermal seperti halnya dot matrik bisa mengeluarkan informasi kode dan huruf, namun kalau thermal dalam proses pencetakan (printingnya) tidak bersuara dan cepat sekali.
Pertanyaan yang paling sering muncul yaitu, apakah dengan saya memakai mesin kasir stok akan terkontrol? apakah dengan memakai mesin kasir stok keluar (Check Out Process) akan terdeteksi semua?

Pertama, Mesin kasir jenis apa dulu yang dipakai? Seperti kita bahas dalam postingan kita sebelumnya tentang mesin kasir, secara garis besar mesin kasir di bagi 2 jenis yaitu mesin kasir elektronik (Electronic Cash Register/ ECR) dan mesin kasir komputer/ komputer kasir ( Point Of Sale/ POS System) mesin kasir elektronik kebanyakan untuk di level entri atau low end tidak bisa mengontrol stok, namun hanya benar benar Cash Register (Mencatat cash flow keluar masuknya uang saja) namun untuk yang High End selain fungsi utama cash register bisa juga mengontrol stok barang .
Mesin Kasir tidak 100% menjadi solusi pengontrol kecurangan kasir? ada beberapa trik yang sering dilakukan toko-toko dalam mengantisipasinya mungkin dengan bantuan CCTV (Camera), Cermin cembung, Rolling kasir,cetak struk , cross cek stok fisik, dan bantuan petugas security.
(Sumber)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar